\

Selasa, 14 Mei 2013

Rio Ferdinand Istimewa Buat Sir Alex



Manchester - Cantumkanlah Rio Ferdinand dalam daftar pemain-pemain istimewa Sir Alex Ferguson. Bahkan di pertandingan terakhir sang bos di Old Trafford, ia membuat sebuah gol yang spesial.

Dalam laga pamungkas Sir Alex di markas Manchester United, saat mengalahkan Swansea City 2-1, Minggu (12/5/2013), Ferdinand mencetak gol penentu kemenangan di tiga menit menjelang babak kedua berakhir.

Apakah istimewanya gol itu? Pertama, itulah gol pertama Ferdinand di musim ini. Kedua, bek 34 tahun itu menjadi pemain ke-20 timnya yang mencetak gol di liga musim ini, di musim mereka meraih gelar Liga Inggris untuk ke-20 kalinya.

Ketiga, gol pamungkas untuk Sir Alex di Old Trafford itu dibuat oleh seorang defender, sama seperti gol pertama yang tercipta hampir 27 tahun silam. Direkrut sebagai pelatih MU pada 6 November 1986, baru di pertandingannya yang ketiga Sir Alex membawakan kemenangan untuk timnya, sekaligus gol pertama.

Kemenangan itu terjadi di Old Trafford pada 22 November 1986, dengan skor 1-0 atas Queens Park Rangers. Pencetak gol tunggal di menit 32 itu adalah pemain asal Denmark, John Sivebaek, yang berposisi sebagai defender. Dan itu adalah satu-satunya gol yang pernah ditorehkan Sivebaek di musim satu-satunya bersama MU.

Artinya, gol pertama dan terakhir Sir Alex di Old Trafford adalah dibuat oleh seorang pemain belakang: Siveabek dan Ferdinand.

Ferdinand sendiri adalah sebuah rekor untuk Red Devils. Ia pernah menjadi pemain Inggris termahal dalam sejarah, ketika Sir Alex membelinya dari Leeds United pada 22 Juli 2002. Kala itu ia juga menjadi pemain bertahan termahal di dunia, melampaui rekor transfer Lilian Thuram dari Parma ke Juventus pada musim panas 2001. Total uang yang diterima Leeds dari penjualan Ferdinand adalah 34 juta poundsterling.

Sejak masuk Old Trafford, Ferdinand selalu menjadi pilihan pertama. Selama sebelas musim -- sampai pertandingan tadi malam --, ia telah bermain 431 kali di bawah komando Sir Alex, menghasillkan delapan gol -- dan tentu saja berbagai piala.


Glory - Glory Man United

Tidak ada komentar:

Posting Komentar