\

Rabu, 22 Januari 2014

Menilai Skuat Manchester United Saat Ini 22 Jan 2014


Jika para suporter Manchester United sebelumnya masih ragu apakah tim mereka benar-benar buruk musim ini, maka hasil pertandingan melawan Chelsea hari Ahad kemarin, ketika mereka kalah 1-3 adalah sebuah penahbisan status Manchester United sebagai tim yang tak membuat gentar tim manapun. Bahkan skor tersebut terlihat terlalu ramah bagi United yang tak bertaring selama pertandingan.

David Moyes mendapatkan cacian dan makian dari seluruh sisi. Bahkan tak sedikit "penggemar" Manchester United yang menghujat dirinya karena dianggap gagal membawa tim ini bermain dengan apik dan terjerembab jatuh di papan tengah. Memang beberapa kali Moyes melakukan kesalahan dengan memilih strategi yang terlalu berhati-hati. Namun yang jarang diperhatikan adalah hasil ditentukan oleh bagaimana para pemain menerjemahkan taktik di lapangan.

Ya, Sir Alex Ferguson bisa memenangi liga dengan santai musim lalu dengan skuat yang sama, sesuatu yang terbantu karena semua klub pesaing United bermain di bawah standar. Tapi saat klub-klub lain menginjak pedal gas dalam-dalam dan masuk ke gigi lima, bagaimana sebenarnya kualitas para pemain United?

Mari kita tengok satu per satu.

PENJAGA GAWANG

David De Gea
Kiper muda asal Spanyol ini jelas punya potensi menjadi yang terbaik di dunia suatu saat nanti. Tapi sekarang ia masih dalam proses menuju ke sana. Seorang shot-stopper yang brilian dan distributor bola yang akurat, ia masih harus tampil lebih konsisten untuk bisa menyamai level Peter Schmeichel dan Edwin Van der Sar. Walau begitu, hanya sedikit dari 24 gol yang sudah diderita United musim berasal dari kesalahannya.


Anders Lindegaard
Kiper semenjana yang tak pernah terlihat memiliki kepercayaan diri untuk mengoordinasi lini pertahanan. Lindegaard tak ubahnya seperti Raimond van der Gouw di era 90-an, yang tak mungkin menjadi pilihan pertama jika kiper utama tak bermasalah. Lindegaard mungkin bisa jadi kiper utama di klub lain, tapi tak ada harapan di United.

Ben Amos
Amos selalu dinilai mempunyai potensi, tapi di dalam usia yang muda dan harus bersaing dengan De Gea, entah jika ia akan memenuhi potensinya saat berbaju United. Hanya waktu yang akan menjawab apakah United mengambil keputusan yang tepat saat melepas Ron Robert Zieler, yang sekarang sudah punya 2 caps timnas Jerman bersama Hannover, dan menyimpan Amos.

Penilaian: De Gea adalah salah satu kiper terbaik di Premier League, dan dalam diri Lindegaard dan Amos, United memiliki pelapis yang cukup. Sektor ini tidak akan memusingkan United.


PERTAHANAN

Nemanja Vidic
Vidic adalah salah satu bek tengah terbaik di Premier League dalam 5 tahun terakhir. Pertanyaannya adalah apakah ia masih yang terbaik musim ini? Mulai sering dirundung cedera sejak 2 musim lalu, ia hanya bermain 9 kali dari 21 partai yang sudah dilakoni United musim ini. Ia jelas bukan pemain yang sama seperti di masa jayanya.

Rafael da Silva
Pemain paling berkembang di Premier League musim lalu dan pilihan utama di sektor bek kanan United dalam kondisi fit. Agresivitas Rafael dalam melakukan overlap dan membantu serangan mengingatkan pada Gary Neville, namun atribut defensifnya sering kali luput dari perhatian. Menurut statistik Opta, Rafael melakukan rata-rata 2,4 intersep per pertandingan, terbanyak kedua setelah Phil Jones.

Patrice Evra
Evra kerap kali menjadi achilles heel di sektor pertahanan United akibat lengah menjaga zona. Tak heran nama Leighton Baines selalu disenandungkan setiap bursa transfer tiba. Mungkin usia sudah mengambil saripati terbaik dari Evra dan ia tak lagi pemain yang serupa seperti beberapa musim lalu. Belum diberikannya kontrak baru kepada Evra menyatakan bahwa musim ini bisa menjadi musim terakhirnya di Old Trafford.

Rio Ferdinand
Dengan berat hati kita harus menyatakan bahwa Rio Ferdinand sekarang hanyalah bayang-bayang dari Rio Ferdinand yang selama hampir 1 dekade menjadi bek paling tangguh di Premier League. Atas nama memori indah selama ini, lebih baik Ferdinand lebih banyak menghabiskan waktu mengurusi clothing line dan restoran Italia miliknya di Manchester.

Jonny Evans
Evans diperlakukan tidak adil oleh banyak orang yang masih belum bisa melupakan tragedi pembantaian 6-1 oleh Manchester City di Old Trafford, di mana saat itu dirinya menjadi antagonis utama. Setelah masa-masa yang sulit, Evans telah bertransformasi menjadi pemain bertahan yang bisa diandalkan. Masih sering tampil inkonsisten, tapi duetnya bersama Phil Jones di lini belakang seharusnya lebih sering menjadi pilihan utama David Moyes.

Phil Jones
Kita semua sudah lelah mendengar bagaimana Jones kerap dibandingkan dengan Duncan Edwards saat posisi terbaik dirinya jelas sebagai bek tengah. Dengan versalitas yang ia miliki, di mana ia bisa bermain di semua posisi di belakang dan juga mampu bermain sebagai gelandang bertahan, lebih adil jika mengatakan Jones adalah versi upgrade dari John O'Shea. Jones memiliki jumlah rata-rata tekel dan intersep terbanyak di antara pemain bertahan United meski Samuel Eto'o sukses membuatnya terlihat seperti orang dungu.

Chris Smalling
Smalling baru-baru ini mencuri perhatian karena berpikir memakai kostum Jagerbomb dengan mengawinkan Jagermeister dan Red Bull adalah sesuatu hal yang cerdas. Terlepas dari itu, Smalling adalah seorang pemain yang berguna sebagai squad player dan pelapis saat pemain lain menderita cedera. Saya tak yakin apakah Smalling punya potensi menjadi bek berkelas dunia, tapi ia bukan pemain yang buruk.

Alexander Buttner
Meminjam analogi Barney Ronay dari The Guardian, Buttner adalah jenis pemain yang melakukan renang sprint 100 meter dalam sebuah pertandingan polo air. Saya tidak yakin Buttner adalah pemain berkaliber Manchester United yang ditegaskan dengan fakta bahwa dirinya adalah satu dari sedikit pemain di first-team United yang tidak memiliki caps tim nasional. Dengan potongan rambutnya, Buttner terlihat seperti Tom Cleverley yang baru keluar dari penjara.


Fabio da Silva
Fabio adalah kisah tragis di Manchester United. Ketika datang ke Manchester bersama Rafael, Fabio selalu dianggap yang lebih berbakat di antara keduanya. Tapi kombinasi antara sulitnya menggeser Patrice Evra plus penampilan yang tidak impresif membuat Fabio tak pernah berkembang. Fabio bahkan tak bisa tampil memikat di Queens Park Rangers musim lalu saat dipinjamkan.

Penilaian: United punya 2 pemain yang akan meredup dalam diri Vidic dan Ferdinand, yang sinarnya lebih cepat temaram dibanding rekannya yang berkebangsaan Serbia itu. Selalu dihubungkan dengan Baines dan Fabio Coentrao menegaskan sektor bek kiri adalah titik yang paling dibutuhkan untuk dibenahi United. Duet Jones dan Evans adalah masa depan United. Waktu Fabio nampaknya sudah habis di Old Trafford dan akan hengkang di akhir musim.


LINI TENGAH

Michael Carrick
Salah satu pemain terbaik United musim lalu dan akhirnya mendapatkan apresiasi dari publik sepakbola Inggris setelah sekian lama dianggap sebagai pemain medioker. Kemampuan Carrick untuk mendistribusikan bola dan melindungi back four menjadi hal berharga yang tidak dimiliki gelandang United lainnya. Ia akan berusia 33 tahun di akhir musim nanti dan tak ada satu pun pemain United yang ada sekarang yang bisa menggantikan posisinya. Ia absen selama bulan November dan Desember, tapi tetap tercatat sebagai gelandang tengah United dengan kreasi peluang terbanyak (14).

Antonio Valencia
Seandainya Valencia sadar bahwa kaki kirinya boleh digunakan untuk menendang bola, ia akan menjadi pemain sayap spektakuler. Sayangnya Valencia memiliki tendensi kanan yang lebih ekstrim dari pasukan Falange-nya Franco. Performanya masih jauh di bawah 2 musim lalu ketika ia terpilih menjadi pemain terbaik United. Dirinya kerap diturunkan sebagai fullback kanan darurat, posisi yang sering membuatnya canggung dalam bertahan yang berakibat pada tidak awas ruang saat bertahan dari umpan silang dan set-piece.

Tom Cleverley
Kecuali memainkan skema dengan 3 gelandang tengah, seharusnya tidak ada alasan bagi David Moyes untuk terus memainkan Cleverley yang kesulitan untuk membuat pengaruh di lini tengah United. Permainannya tidak sekeren brand TC23 yang ia gunakan sebagai merk dagang. Terhitung dari awal musim lalu, Cleverley telah bermain sebanyak 46 kali bagi United dan hanya menghasilkan 3 gol dan 3 assist. Ini stasistik yang memprihatinkan dan sering kali penonton lupa bahwa Cleverley ada di lapangan. Mungkin mengharapkan Cleverley menjadi kreator serangan adalah sesuatu yang salah karena justru ia tercatat sebagai gelandang tengah United dengan jumlah tekel sukses terbanyak (29).

Nani
Saat Nani pertama kali datang ke United tahun 2007, seketika ia langsung dicap sebagai tiruan yang hampir sempurna dari Cristiano Ronaldo. Cepat, memiliki tendangan keras, dan punya segudang trik mengolah bola dalam sakunya. Tapi ia tak pernah benar-benar memenuhi potensinya tersebut. Fakta bahwa ia telah memenangi 11 gelar bersama United mengaburkan fakta bahwa kita belum melihat yang terbaik dari Nani yang selalu sulit berkembang dalam skema 4-4-2. Dalam skema ini, keengganan Nani melakukan trackback defensif sangat terasa plus sedikit ruang baginya untuk melakukan manuver cut inside yang ia gemari.

Ryan Giggs
Dalam beberapa kesempatan, seperti saat menghadapi Bayer Leverkusen di Liga Champions, Giggs memberi penampilan yang mengingatkan kenapa ia adalah legenda United. Tapi memforsir seorang veteran berusia 40 tahun harusnya menjadi tindakan kriminal. Giggs mungkin saja sudah menemukan formula anti-aging, tapi bagaimana pun sedihnya jika nanti Giggs pensiun, mungkin itu opsi yang terbaik bagi semua pihak.

Ashley Young
Semakin sedikit yang dikatakan mengenai Ashley Young, itu semakin bagus.


Shinji Kagawa
Semua orang tahu bahwa posisi terbaik pemain Jepang ini adalah bermain di belakang striker, sesuatu yang sayangnya dulu jarang diberikan oleh Sir Alex Ferguson dan sekarang, David Moyes. Daya kreasi dan kemampuannya sebagai playmaker jarang terlihat jika ia ditempatkan di sisi kiri. Kagawa sering kali terlihat tidak nyaman dengan permainan fisik di Premier League dan lebih sering diturunkan di Eropa. Tak heran, tersia-siakannya Kagawa di Manchester United membuat Jurgen Klopp di Dortmund patah hati.

Anderson
Tampaknya waktu Anderson di Old Trafford juga sudah habis dan masa pinjamannya di Fiorentina adalah langkah pertama untuk angkat kaki sepenuhnya. Ia menjalani musim debutnya di United dengan gemilang, termasuk memenangi duel melawan Cesc Fabregas. Tapi hanya penurunan yang terjadi di musim-musim sesudahnya. Tentu saja ada faktor bahwa sebagai gelandang serang natural, di United ia diubah menjadi seorang gelandang tengah yang cenderung bertahan. Hasilnya luar biasa buru. Ia diharapkan menjadi box-to-box kelas dunia, tapi tampaknya satu-satunya box yang ia gemari hanya box kue.

Marouane Fellaini
Empat kali tampil sebagai starter, 4 kali sebagai pengganti dan hanya menciptakan 1 peluang bukanlah sesuatu yang diharapkan dari pemain berbandrol 27,5 juta pounds. Tadinya kehadiran Fellaini diharapkan bisa menambah otot bagi permainan United yang bolong di tengah seperti donat, sesuatu yang belum bisa dipenuhi oleh Fellaini. Fellaini masih harus membuktikan bahwa yang luar biasa dari dirinya bukan Cuma rambut kribo dan massa lemak di tubuhnya yang diklaim hanya 1 % itu.

Darren Fletcher
Fakta bahwa seorang pemain yang baru saja sembuh dari ulcerative colitis bisa langsung masuk ke starting line-up United menunjukkan betapa rapuhnya lini tengah United. Fletcher memberi kekuatan pertahanan di lini tengah United yang selama ini hilang. Entah apa Fletcher bisa kembali ke performa terbaiknya seperti sebelum cedera. Tapi sampai sejauh ini, duet Fletcher bersama Carrick di lini tengah seharusnya menjadi pilihan utama Moyes sebelum ada pemain baru yang datang.

Wilfried Zaha
Didaulat sebagai bakat muda paling menjanjikan dalam sepakbola Inggris, Zaha mendapati bahwa waktu bermainnya di United sejauh ini sangat terbatas. Kita tidak tahu apa yang terjadi dalam sesi latihan, tapi keengganan Moyes untuk menurunkan Zaha di lapangan membuat banyak orang curiga bahwa gosip Zaha punya hubungan istimewa dengan anak Moyes bukan isapan jempol belaka.

Adnan Januzaj
Anda akan dimaafkan jika gagal untuk menyebut nama belakang anak muda ini dengan benar dalam kesempatan pertama. Tapi anda tak akan dimaafkan jika gagal untuk mengapresiasi talenta dari Januzaj. Pemain terbaik tim reserve United musim lalu ini menunjukkan kedewasaan dan visi permainan yang luar biasa untuk remaja seusianya. Rasanya Januzaj tidak akan mencapai level Cristiano Ronaldo, tapi ia jelas lebih baik dari Ronaldo saat berusia 18 tahun. Kemampuannya untuk melakukan passing dengan akurat mengagumkan.

Penilaian: Ini adalah sektor terlemah dari United yang jelas membutuhkan suntikan energi baru secepatnya. Carrick adalah satu-satunya gelandang yang tampil konsisten sementara selalu mengharapkan bocah seperti Januzaj menjadi juruselamat bukanlah tindakan yang bijak. Sisanya hanyalah kumpulan pemain yang performanya hit-and-miss. United butuh minimal 2 pemain baru di sektor ini dengan gelandang tengah menjadi sebuah kebutuhan yang mendesak.

PENYERANG

Wayne Rooney
Entah apa jadinya United jika Rooney jadi hengkang ke Chelsea sebelum musim ini dimulai. Musim ini Rooney memuncaki tabel para pemain top United dengan 9 gol dan 9 assist. Kala Robin van Persie lebih banyak dilanda cedera, Rooney memikul United di pundaknya meski kadang dirinya tak mampu seorang diri mengatrol permainan United. Rooney adalah seorang all-round player yang kontribusinya merata di semua sektor termasuk dalam pertahanan. Ia dikabarkan akan absen selama 3 pekan ke depan yang jelas akan memukul United.

Robin van Persie
Van Persie hanya bermain dalam setengah dari total pertandingan yang sudah dilakoni United sejauh ini di Premier League. Ini membangkitkan lagi persepsi bahwa Van Persie memiliki kaki kaca dan rentan cedera seperti saat ia di Arsenal dulu. Tujuh gol sudah ia ciptakan di liga musim ini dan jelas United kehilangan seorang striker yang bisa menciptakan something out of nowhere. Jika dalam kondisi fit, duetnya bersama Rooney adalah salah satu yang paling mengerikan di Premier League. Tapi menilik usianya, waktu Van Persie di puncak performa mungkin tak akan lama lagi.

Danny Welbeck
Welbeck mempunyai semua atribut yang diinginkan dari seorang pemain menyerang modern. Bisa ditempatkan di semua sisi, piawai melakukan link-up play, dan rajin melakukan trackback terhadap pemain lawan. Sayangnya ada satu hal yang luput dan hal tersebut krusial untuk seorang penyerang: insting mencetak gol. Namun statistik 6 gol dalam 6 pertandingan terakhir bisa berarti masa paceklik sudah berakhir bagi Welbeck.

Kesuburan Welbeck sangat membantu United kala Rooney dan Van Persie cedera. Ia adalah topskoerr kedua United di liga dengan 8 gol dan bersinar terang kala Moyes memainkannya jauh di depan sebagai seorang ujung tombak. Sebagai perbandingan, Alvaro Negredo (Manchester City) membutuhkan 19 pertandingan untuk menciptakan jumlah gol yang sama. Olivier Giroud juga serupa dari 18 pertandingan. Welbeck mencapai jumlah gol tersebut dari 15 laga saja.

Javier Hernandez
Chicharito telah mencetak 5 gol musim ini, 4 di antaranya saat ia bermain sebagai starter, namun hanya 1 gol yang ia ciptakan di liga. Chicharito berada di urutan buncit dalam skala prioritas striker United dikarenakan kemampuannya yang tergolong paling terbatas dibanding penyerang lain. Sebagai seorang poacher, kemampuannya untuk link-up play dan trackback minim, namun punya pengaruh yang besar jika dimasukkan sebagai pemain pengganti.

Penilaian: Lini depan seharusnya menjadi lini terkuat United jika kedua bomber utama mereka tidak cedera. Welbeck telah meningkatkan kontribusi golnya dan jika ia bisa konsisten, ia bisa menjadi striker dengan atribut paling lengkap yang dimiliki United.

SUMMARY

United punya beberapa pemain berkaliber top, namun secara keseluruhan harus diakui skuat United lebih inferior dibanding kandidat 4 besar lainnya. Bandingkanlah lini tengah United dengan lini tengah Manchester City dan Chelsea, maka ketimpangan akan terlihat nyata. Secara hipotetis, berapa banyak pemain United yang akan masuk ke starting line-up Man City atau Chelsea? Selain Rooney dan Van Persie, hanya De Gea yang berkualitas papan atas. Sisanya adalah pemain-pemain yang akan kesulitan bersaing mendapatkan tempat di Etihad atau Stamford Bridge.

Jangan menghakimi Moyes terlalu cepat. Skuat ini masih skuatnya Ferguson, bukan skuat Moyes. Moyes tidak punya aura kebesaran Ferguson yang bisa membuat pemain-pemain yang biasa saja untuk bermain melebihi kemampuan mereka. Ed Woodward harus berhenti mendapatkan kontrak sponsor komersial dan mulai mendatangkan pemain sungguhan. United harus tahu bahwa mereka butuh gelandang baru, bukan kontrak-kontrak keripik dan mi instan yang selama ini mereka dapatkan.

Tapi ini tentu saja tak menutupi fakta betapa mengagumkan Sir Alex Ferguson bisa memenangkan liga musim lalu dengan selisih 11 poin dengan skuatd yang sama (minus Januzaj).


Glory - Glory Man. United

20 komentar:

  1. ===> BONUS BUAT MEMBER BARU! <===

    DONACOPOKER merupakan web judi kartu online Indonesia terpercaya dan terlengkap dalam menyediakan permainan judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan yang merupakan situs Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah serta menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa bermain dengan para pemain dari banyak kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di DonacoPoker.

    === 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===
    https://www.pokerdonaco.org/cara-bermain/cara-bermain-kartu-remi/
    https://www.pokerdonaco.org/cara-bermain/rumus-permainan-ceme-online/
    https://www.pokerdonaco.org/promo-terbaru/promo-freechip-bulan-september/

    Ayo gabung sekarang di DonacoPoker.net

    BalasHapus
  2. BONUS MEMBER BARU 20%

    CemePoker merupakan kantor cabang Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang sediakan bermacam macam banyak game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sebagai kantor cabang judi poker dgn rating win tertinggi.
    Cemepoker menjamin 100% keamanan sebagian membernya kembali pemain Poker awak dijamin 100% Player VS Player.
    jangan silap nantikan hadiah menarik setiap bulannya dan kompensasi referal segolongan pandangan hidup

    Baca juga :
    artikel poker

    Ayo daftar sekarang di www.cemesamgong.com

    BalasHapus
  3. Ayo bertaruh dan raih kemenangan Anda hingga menjadi JUTAWAN bersama kami S128Cash Bandar Games Online Terbaik dan Terpercaya.
    Kami menyediakan semua permainan yang sedang populer di Indonesia seperti Sportbooks, Live Casino, Sabung Ayam Online, IDNPoker, Slot Games, Tembak Ikan, Togel Online dan masih banyak permainan lainnya.

    PROMO BONUS S128Cash :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT NEW MEMBER 5%
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS FREEBET 200rb
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !!

    Untuk transaksi DEPOSIT dan WITHDRAW disini tidak ada JAM OFFLINE, artinya Anda bisa bertransaksi 24 JAM dan tidak ada batasan WITHDRAWnya !!
    S128Cash menyediakan semua aplikasi transaksi di INDONESIA seperti :
    - ATM ( SEMUA BANK LOCAL INDONESIA )
    - PULSA ( TSEL dan XL/AXIS )
    - OVO
    - GOPAY

    Jadi apa lagi yang Anda tunggu? Segera Daftar S128 Anda bersama kami dan nikmati kemenangan Anda.
    Hubungi Kami :
    - Livechat : S1288Poker
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    BalasHapus
  4. Mau Freechip dari kami???
    Yukz bergabung segera bersama kami di Winning303 dapatkan Bonus Freechip spesial edisi menyambut Natal & tahun baru 2020

    Info hub
    WA : 087785425244

    BalasHapus
  5. Mau Freechip dari kami???
    Yukz bergabung segera bersama kami di Winning303 dapatkan Bonus Freechip spesial edisi menyambut Natal & tahun baru 2020

    Info hub
    WA : 087785425244

    BalasHapus
  6. Disini siapa yang gemar bermain poker online? Tentunya anda harus melakukan deposit untuk dapat memulai permainan poker online. Umumnya pemain akan menggunakan rekening bank ataupun atm prabayar untuk melakukan deposit. Apakah anda pernah mencoba melakukan transaksi judi poker pakai dana? Jika anda penasaran dengan aplikasi dana yang saat ini banyak digunakan untuk deposit poker online, anda dapat install dan upgrade ke premium.

    Bonus Freechip Angpao Imlek
    Freechip Imlek 2020
    Bonus Freechip Angpao Imlek
    Bonus Angpao Imlek 2020


    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan

    * Judi Poker Pakai Dana Minimal Deposit Hanya 10rb
    * Kontak PokerAyam
    * Link Alternatif Pokerayam

    HUBUNGI KAMI:
    http://165.22.51.220/
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM

    BalasHapus
  7. Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

    Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

    Gunakan OVO,DANA & VIA PULSA untuk memudahkan dan mempercepat proses deposit anda!!

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  8. ECOMMENDED NIH...!!!

    Segera join di Zeusbola...

    Hanya dengan melakukan minimal deposit pulsa 25.000 kalian sudah bisa melakukan bettingan dan bermain berbagai permainan slot yang di sediakan.

    Jadi tunggu apa lagi...!!!

    Segera bergabung dan tinggkatkan saldo anda bersama kami...!!

    Untuk PROMO atau INFO lebih lanjut silahkan hubungi CS kami..

    Menang Berapapun Pasti Kami Bayar. Jangan Kasih Kendor Bosku, Kalah/Menang Kami berikan Bonus setiap Minggunya.....

    Agen Judi Online Indonesia Proses deposit dan Withdraw 24 Jam

    *SPORTSBOOK
    *LIVE CASINO
    *IDN LIVE
    *IDN POKER
    *SLOT GAMES
    *TEMBAK IKAN
    *JOKER123
    *SABUNG AYAM
    *TOGEL ONLINE

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar di link ini
    atau hubungi kontaknya di https://linktr.ee/zeusbola.official ( KLIK DISINI )

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online ZEUSBOLA terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank DANAMON

    Bank MANDIRI


    Promo Bonus yang berlangsung pada Judi Online ZEUSBOLA :
    Bonus New Member 15%
    Bonus New Member 10% ( Sabung Ayam )
    Bonus Cashback/Kekalahan Sportsbook Up To 15%
    Bonus Rollingan Up To 0.6%
    Bonus Harian 10%
    Bonus Reward Setiap Naik Level

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari ZEUSBOLA yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan (NOBOT).

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di ZEUSBOLA.
    Alamat Situs Resmi :http://zeusbola.site/

    Alamat Situs Alternatif :
    http://zeusbola.club/
    http://zeusbola.site/
    http://zeusbola.best/

    Kontak ZEUSBOLA :
    Whatsap : +62 813 3355 5996
    LINE : ZEUSBOLA
    TELEGRAM: t.me/zeusbola

    Daftar Judi Casino online Silahkan Klik Di Bawah Ini Ya Boss..

    Bonus Harian Pada Permainan Judi Casino Online

    BalasHapus
  9. POKERVITA - POKER ONLINE | BANDAR POKER | JUDI POKER | AGEN POKER Menghadirkan berbagai permainan judi kartu terpopuler saat ini dengan pengisian saldo deposit via berbagai sumber kekinian saat ini. Menyediakan Deposit via Pulsa Telkomsel dan XL, E-money OVO, Dana, Linkaja, dan GoPay, dan semua bank lokal ternama.

    Promo bonus besar-besaran Pokervita
    * Promo Harian
    * Promo Mingguan
    * Promo Bulanan

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Texas Holdem Poker
    Judi Poker Online
    Bandar Sakong Online

    BACA JUGA :
    Mitos Atau Fakta Setelah Tarik Dana Kenapa Selalu Kalah
    Mengapa Judi Selalu Kalah? Berikut Ulasannya
    Situs Pokervita Judi Poker Online Domino99 BandarQ Terpercaya

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus
  10. Hanya dengan 1 user ID anda sudah bisa bermain7 permainan game poker yang seru
    Mari bergabung bersama kami di Donaco poker

    Dapatkan Juga
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  11. Winning303
    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam
    6. Poker IDN

    Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

    • Bonus new member 20%
    • Bonus Next Deposit 10%
    • Bonus rollingan poker sampai 0,7%
    • Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
    • Bonus Cashback 5-10 %
    • Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA:+6287785425244

    BalasHapus
  12. MuseumAyam sabung ayam sv388 Terpercaya & Terpopuler Indonesia Dengan Minimal Taruhan Hanya 10ribu saja. Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

    Contact Resmi MuseumAyam
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Daftar Togel Online
    Museumbola Slot Pulsa
    Sabung Ayam s128
    Museum Ayam
    Poker Deposit Pulsa
    Agen Sabung Ayam Online Club388
    Agen SV388
    Agen Taruhan Online
    Agen Casino Online

    BalasHapus
  13. Situs Judi Togel, Casino Online Resmi dan Terbaik di Indonesia – MUSEUMTOTO merupakan Situs Judi Togel, Casino Online Resmi dan Terbaik di Indonesia. Saat ini jumlah member yang bergabung dengan kami lebih dari angka 1.000 bettor.

    Casino Online :

    Bacarrat,Monopoly,Billiards,Suwit,GongBall,24D,12D,Roulette,SicboDice,Oglog,Dice 6,Head tail,Red White,24Spin dan Poker Dice.
    Minimal Deposit Hanya Rp.10.000 Bisa main semua Game dengan minimal Bett 500.

    Agen Togel Via Pulsa
    Agen Togel Terpercaya
    Situs Togel Pulsa
    Agen Togel Hongkong
    Agen Togel Singapura
    Agen Togel Sydney
    Agen Toto Macau
    useumtoto IDNLive

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar link di bawah ini :

    Museum Bola
    Museum Poker
    Museum Ayam
    Museum Toto

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online MUSEUMTOTO terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank JENIUS / BTPN

    Bank MANDIRI


    PROMO

    • Bonus New Member 20%
    • Bonus Next Deposit 5%
    • Bonus Cashback Casino Up To 10%
    • Extra Bonus Prize 2 & Prize 3
    • Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL

    Diskon dan Hadiah

    • 2D Discon 29% ( Pembayaran x 70 )
    • 3D Discon 58% ( Pembayaran x 400 )
    • 4D Discon 66% ( Pembayaran x 3000 )
    • Minimal Deposit : 10.000
    • Minimal Withdraw :50.000
    • Minimal Betting : 500


    EXTRA BONUS
    HADIAH PRIZE II:
    • 4D : 200.000
    • 3D : 60.000
    • 2D : 10.000

    HADIAH PRIZE III:
    • 4D : 100.000
    • 3D : 40.000
    • 2D : 5.000


    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari MUSEUMTOTO yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Diskon dan Hadiah Paling Besar.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan.

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di MUSEUMTOTO.
    Alamat Situs Resmi :LINK RESMI MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )

    WA : +6283157394921

    CHAT SEKARANG KLIK DISINI

    Alamat Situs Alternatif :

    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 1 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 2 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 3 ( KLIK DISINI )

    SITUS TOGEL ONLINE TERBAIK MUSEUMTOTO DEPOSIT PULSA

    SITUS JUDI TOGEL, CASINO ONLINE RESMI DAN TERBAIK DI INDONESIA

    BalasHapus
  14. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Aplikasi Poker Pulsa Uang Asli

    Freechip natal & tahun baru

    BalasHapus
  15. BANDAR AGEN SLOT ONLINE TERPERCAYA 2021 PROMO TERBARU DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!
    TIDAK PERLU BINGUNG LAGI DENGAN POTONGAN PULSA!!
    Mari Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh...

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    BalasHapus
  16. SITUS SLOT ONLINE INDONESIA TERPERCAYA 2021 CLUB388CASH

    Situs Slot Online Indonesia
    Live Casino
    Sabung Ayam Terpercaya 2021

    Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
    Bonus New Member 10%
    Bonus Harian 5%

    Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
    Minimal Deposit Rp.10.000,-

    Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR SLOT ONLINE

    Minimal Deposit Rp.10.000,-
    Minimal Withdraw Rp.50.000.-

    KONTAK :
    WhastApp: 0819-1005-3031

    BalasHapus
  17. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 11 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    11 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull
    * Capsa Susun (New Versi)
    * QQ Spirit

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Judi QQ Spirit Deposit Pulsa Game Terbaru IDN Poker

    QQ Spirit Deposit Murah Hanya 10 Ribu Terpercaya

    BalasHapus
  18. Masih zaman depo pulsa terkena potongan?
    Aduh udah nggak zaman kawan

    Sekarang zaman promo judi pulsa online tanpa potongan

    Penasaran?
    Mari cari tau bersama kami

    Info hub
    WA:0812 2222 996

    BalasHapus
  19. Untuk yg suka bermain sabung ayam dsni tempat ny
    new member 10% lansung di berikan tanpa syarat dan ribet

    proses depo wd secepat kilat ^^

    tunggu apa lagi silahkn registrasi dan bukti kan sendiri
    New member 10%
    Silahkan hub : WA : 0812-1495-2061

    BalasHapus
  20. INGIN MAIN SITUS JUDI TERPECAYA?
    ZEUSBOLA SOLUSINYA....
    Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan !!
    *Bonus New Member 15%
    *Bonus Reward Setiap Tingkatan Level
    *Bonus Deposit Harian 10%
    *Bonus Cashback Mingguan
    *Bonus referral ZeusBola
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

    BalasHapus